Aku Bisa Karena Engkau Sayang (puisi)

Sesungguhnya engkau yang menjadikan aku seorang ibu sayang,
engkau memanggilku mama karena aku wanita yang melahirkanmu.

Sesungguhnya engkaulah tempat aku belajar menjadi ibu sayang,
tahukah, ketika ketika engkau lahir ke dunia ibumu ini belum mahir untuk menjadi seorang ibu.

Ketika engkau menangis,
aku belajar supaya bisa menenangkanmu didekapku.

Ketika engkau lapar,
aku belajar supaya bisa menyuapimu.

Ketika engkau mulai meniru mengucap kata,
sungguh aku mulai banyak membaca dongeng.dongeng bergambar supaya aku lancar berdongeng untukmu.

Ketika engkau mulai sekolah,
aku belajar supaya bisa mengajarkanmu membaca, berhitung dan mengaji Al-Qur'an.

Ketika engkau mulai menghafalkan surat-surat pendek,
aku juga belajar menghafal supaya aku bisa menyimakmu dengan baik.

Ketika PR-mu semakin banyak,
aku semakin banyak membaca supaya bisa menjawab pertanyaanmu dan membantumu menyelesaikam PR-mu.

Ketika engkau mulai memiliki teman kecilmu,
aku belajar supaya bisa menjadi sahabatmu yang paling sejati.

Ketika engkau berantem dengan temanmu.
aku belajar supaya menjadi penenangmu dan penghiburmu.

Ketika engkau sakit,
aku belajar supaya bisa menjadi perawatmu yang sabar.

Ketika engkau bandel,
aku belajar supaya bisa mengendalikam diri dari nafsu amarahku yang tiba-tiba ingin meledak.

Sesungguhnya aku mejadi ibu karena engkau sayang,
karena engkau ada di dunia melalui rahimku sebagai amanah dari Dia Yang Esa.

janganlah lelah mengajari ibun ini nak.



Malang, 5 November 2016

Bunda Farhanah


Tulisan ini di tulis pada 18 Februari 2011

Comments

  1. Iya mba, dg adanya mereka yg membuat kita jadi belajar. Belajar menjadi ibu :)

    ReplyDelete
  2. Semngat mba. Smoga ttp istiqomah mnjadi ibu kebngaan generasi rabbani

    ReplyDelete
  3. Iya benar sekali, Anak Anak yang selalu membuat kita untuk selalu belajar

    ReplyDelete
  4. Tanpa kasih sayang seorang ibu, seakan ada sesuatu yang hilang...

    ReplyDelete
  5. Iya benar sekali, Anak Anak yang selalu membuat kita untuk selalu belajar

    ReplyDelete

Post a Comment